11.05.2009

Organisasi Berkas Indeks Sequential

Pengertian Berkas Indeks Sequential
Berkas indeks sequential adalah Berkas/ file yang disusun secara urut atau yang penyusunannya telah diatur, sehingga berkas/file tersebut dapat di execute (diakses) secara sequential, direct (langsung), maupun secara keduanya.
Struktur Pohon
Pohon atau Tree adalah salah satu bentuk graph yang terhubung yang tidak mengandung sirkuit, karena merupakan graph terhubung, maka pada pohon selalu terdapat path atau jalur yang menghubungkan setiap dua simpul dalam pohon yang dilengkapi dengan dengan apa yang disebut “akar” atau “root”.

Pohon Biner
Salah satu pohon yang memegang peranan yang cukup penting, struktur ini biasanya digunakan terutama untuk menyajikan data yang mengandung hubungan antara hirarki antara elemen-elemen yang mudah kita kelola dalam komputer adalah pohon biner (binary tree).

*Akses yang diperbolehkan yaitu:
Akses Sequential
Akses Direct

*Menurut penggunaannya ada 2 cara :
Batch; Suatu proses yang dilakukan secara group atau kelompok.
Interactive; Suatu proses yang dilakukan secara satu persatu(record
Demi record).

* Struktur Berkas Indeks sekuensial
Indeks untuk Binary Search Tree
Data untuk Sekuensial

Implementasi Organisasi Berkas Indeks Sequential
Ada dua pendekatan dasar untuk mengimplementasikan konsep dari organisasi berkas indeks sequential :
Blok Indeks Dan Data
Pada pendekatan ini kita menyusun data dengan lebih memperhatikan ke data yang bersifat logik, bukan fisik, jadi berkas indeks dan berkas data diorganisasikan dalam blok.
* Berkas indeks mempunyai struktur tree
* Berkas data mempunyai struktur sequential dengan ruang bebas yang didistribusikan antar populasi record

Prime dan Overflow Data Area
Pendekatan lain untuk mengimplementasikan berkas indeks sequential adalah berdasarkan struktur indeks dimana struktur indeks ini lebih ditekankan pada karakteristik hardware (fisik) dari penyimpanan, dibandingkan dengan distribusi secara logik dari nilai key.
Indeksnya ada beberapa tingkat, misalnya tingkat cylinder indeks dan tingkat track indeks. Berkas datanya secara umum diimplementasikan sebagai 2 berkas, yaitu prime area dan overflow area.

Entry pada indeks ini adalah dalam bentuk :
* nilai key terendah, nomor track
Dalam sebuah track data, tracknya disimpan secara urut berdasarkan nilai key.Tingkat pertama dari indeks dalam berkas indeks dinamakan master indeks.
* nilai key tertinggi, pointer
Tingkat kedua dari indeks dinamakan cylinder indeks. Indeks ini berisi pointer pada berkas prime data dan entry-nya dalam bentuk :
* nilai key tertinggi, nomor cylinder
Permintaan untuk mengakses data secara sequential akan dilayani dengan mengakses cylinder dan track dari berkas data prime secara urut.
.


Keuntungan
Kemampuan untuk mengakses record berikutnya secara tepat.

Keterbatasan
Tidak dapat mengakses langsung pada record yang diinginkan


Kesimpulan:
Organisasi berkas sequential merupakan cara yang paling dasar untuk mengorganisasikan kumpulan record-record dalam sebuah berkas. Dalam organisasi berkas sequential, pada waktu record ini dibuat, record-record direkam secara berurutan.
Record pertama ditempatkan pada posisi pertama dalam berkas, record kedua ditempatkan pada posisi kedua dalam berkas dan seterusnya. Begitu pula pada waktu pengaksesan dan pada waktu berkas ini digunakan sebagai input, record-record harus diakses secara berurutan.
Jadi dalam organisasi berkas sequential, bukan berarti bahwa record-record tersebut disimpan dalam urutan numerik. Jika kita ingin menambahkan suatu record pada berkas sequential, maka record tersebut akan terletak pada akhir berkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar